Cara Mengurus NIB dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Usaha Mikro Kecil Menengah
Ilustrasi Usaha Mikro Kecil Menengah

IUMK atau Izin Usaha Mikro Kecil sekarang sudah sangat mudah untuk anda dapatkan. Bahkan izin usaha ini sudah bisa anda dapatkan dengan gratis atau tanpa biaya apapun. Hanya saja kita perlu tahu bagaimana tahapan yang akan dilakukan untuk mendapatkan nya.

Pemerintah sepertinya sangat serius dalam menciptakan iklim usaha yang lebih baik. Salah satunya misalnya dengan mempermudah dalam hal kepengurusan izin usaha. Harapan nya tentu agar usaha dan lapangan kerja di negara ini bisa tumbuh lebih baik.

Terkait dalam dunia usaha khususnya usaha mikro kecil yang kebanyakan memang dijalankan oleh rakyat kecil. Ada banyak hal yang mungkin harus anda ketahui. Misalkan bagaimana caranya mendapatkan izin usaha yang akan kita jalankan.

Sekarang ini untuk urusan perizinan dalam dunia usaha, pemerintah sudah menciptakan sebuah sistem yang dianggap mempermudah dalam hal proses mendapatkan nya. Anda bisa mendapatkan nya melalui satu pintu layanan saja melalui OSS atau Online Single Submission. Anda bisa mengurus berbagai jenis izin usaha dengan mengakses portal OSS tersebut, kemudian melakukan pendaftaran dan pengisian data untuk mendapatkan berbagai jenis izin usaha.

Time needed: 1 hour.

Cara mengurus NIB dan IUMK di OSS:

  1. Melakukan Pendaftaran.

    Anda bisa langsung melakukan pendaftaran akun OSS anda di halaman pendapatan https://app.oss.go.id/app/# dengan cara mengisi data yang dibutuhkan, seperti: email yang aktif, NIK, dan nomor telpon, dll.

  2. Konfirmasi Pendaftaran Akun Anda.

    Setelah anda mengisi semua data dengan benar. Email konfirmasi pendaftaran akan di kirim ke email yang sudah anda masuk, karena itu pastikan anda memasukkan email yang benar-benar aktif. Kemudian lakukan langkah konfirmasi dengan mengkilk link atau tautan konfirmasi untuk mendapatkan akun dan password anda. Akun dan password akan di kirim ke email yang sudah anda daftarkan tersebut.

  3. Mengajukan Permohonan NIB dan IUMK

    Anda bisa langsung login ke halaman https://app.oss.go.id/app/ dengan menggunakan akun yang di kirim ke email anda. Pada halaman fortal OSS cari menu Permohonan> IUMK> Nomor Induk Usaha (NIB). Kemudian isi data dengan benar yang dibutuhkan hingga selesai. Anda bisa langsung melakukan cetak NIB dan IUMK serta dokumen lainnya setelah selesai proses pengisian data.

  4. Selesai.

    Secara garis besar setelah anda melakukan tahap-tahap di atas anda sudah memiliki NIB dan IUMK. Anda bisa mencetak ulang atau download semua dokumen dengan mengakses menu Permohonan> IUMK> Tracking.

Secara umum proses permohonan NIB dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) sangat mudah dan tidaklah terkesan ribet, khususnya jika anda membaca keterangan pada setiap menu yang disediakan oleh laman OSS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *