Mindset dan Orientasi Mempengaruhi Mu

Mindset dan Orientasi Mempengaruhi Mu

Sejak kecil mungkin kita sudah sering mendengarkan petuah orang tua kita, atau nenek dan kakek kita. Biasanya sebuah petuah diucapkan sebagai nasehat dari mereka yang lebih tua. Coba kita perhatikan dampaknya setelah kita dewasa, seberapa berpengaruh nya dengan kehidupan kita.

Ada banyak yang mempengaruhi kehidupan kita. Bukan hanya tentang usaha yang sudah kita lakukan untuk kehidupan kita. Namun latar belakang kehidupan kita, pola hidup yang sedang kita jalani, semangat dan cita-cita kita, orientasi kita tentang kehidupan, hingga mindset yang tertanam di dalam alam bawah sadar kita.

Anda dan saya, atau mungkin orang-orang yang berada di luar sana memiliki orientasi atau tujuan hidup. Dan ada banyak yang mempengaruhi diri kita kenapa bisa memiliki orientasi seperti itu. Seperti: latar belakang kehidupan keluarga yang kita miliki, pendidikan yang sudah kita jalani, hingga pengalaman yang menjadi pelajaran berharga untuk kita. Semuanya terakumulasi menjadi satu kesatuan hingga menciptakan sebuah dogma yang sangat mempengaruhi orientasi kehidupan kita, serta mindset dalam alam bawah sadar kita.

Saya ambil contoh:

Seseorang yang terlahir dari keluarga religius, dengan pendidikan sekolah agama. Dengan latar belakang kehidupan keluarga, serta doktrin dari pendidikan maka sedikit banyak itu akan mempengaruhi tentang bagaimana dia melihat suatu masalah. Pastilah dalam sudut pandangnya akan menilai dengan prinsip nilai kearifan agama yang diyakininya.

Apalagi jika dalam perjalanan hidupnya memberikan pelajaran yang selaras dengan apa-apa yang selama ini dia pelajari. Semua itu akan sangat mempengaruhi orientasi berpikir dan mindset yang ada dalam alam bawah sadarnya.

Pengaruh Terhadap Usaha dan Bisnis Mu.

Sekarang kita tanyakan, apakah itu mempengaruhi dengan usaha, bisnis dan kesuksesan yang di dapat?

Kalau saya akan menjawab “YA”. Apa argumentasi yang ingin saya paparkan? Coba anda perhatikan bagaimana sebagian orang tua kita dulu yang memang terlahir dari jaman sulit, menjalani kehidupan dengan kehidupan yang relatif pas-pasan. Apa doktrin dan petuah mereka tentang usaha, pekerjaan, bisnis hingga bisa sukses.

“Usaha yang keras ya nak… biar bisa sukses” kita di doktrin berusaha dengan keras jika ingin sukses. Apakah doktrin yang mereka wariskan tersebut tanpa dasar dan alasan. Justru sangat beralasan, mereka bicara berdasarkan pengalaman dan kehidupan yang sudah dan sedang mereka jalani.

Doktrin seperti itu yang terus dimasukan ke dalam pikiran kita hingga kemudian masuk ke alam bawah sadar kita hingga menjadi sebuah mindset kita. Itu yang kemudian mendorong kita untuk menjadi pekerja keras yang ulet.

Namun ada juga yang di doktrin sedikit berbeda “Sekolah yang tinggi, belajar yang benar, jadilah orang pintar agar bisa sukses”. Tertanamlah dibenaknya untuk menuju sebuah kesuksesan bisa di dapat dengan pendidikan, dst. Dia bekerja mungkin tidak seperti contoh sebelumnya, namun dia bekerja menggunakan otaknya, menggunakan kepintaran dan pendidikan nya. Dalam alam bawah sadarnya terus mengoperasikan otaknya untuk memikirkan bagaimana melakukan sesuatu agar bisa sampai kepada kesuksesan.

Dan ada juga yang menarik, walau tergolong jarang namun jenis yang ketiga ini ada. “Jangan terlalu keras memikirkan pekerjaan nak… jangan abaikan keluarga mu, jangan abaikan tuhan mu. Rejeki itu sudah di atur olehnya, secukupnya saja. Apa yang menjadi bagian mu, pasti akan sampai”.

Dan apa yang terjadi, alam bawah sadarnya menuntun nya untuk berusaha secukupnya saja. Tidak begitu keras dan tidak memikirkan nya sedemikian rupa. Ada yang lebih penting dari kesuksesan usaha, itu tentang kebersamaan bersama keluarga dan kewajiban dengan tuhan yang harus di tunaikan. Dan anehnya, di antara mereka pun ada yang sukses. Sama seperti mereka yang bekerja dengan keras, ada yang sukses dan yang begitu-begitu saja. Bahkan mereka yang setiap saat memikirkan menggapai kesuksesan dalam usaha dan pekerjaan nya, tidak semua berhasil menggapainya.

Alhasil…

Pada pembahasan saya kali ini tentang mindset dan orientasi kesuksesan kita itu benar adanya akan mempengaruhi tindakan kita. Semua orang berhak mendapatkan kesuksesan berdasarkan mindsetnya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *