Inilah Pekerjaan yang Paling Menakjubkan di Sekitar Kita

Pekerjaan yang Paling Menakjubkan

“Tidaklah seorang muslim bercocok tanam dengan tanaman apapun kecuali setiap tanamannya yang dimakannya bernilai sedekah baginya. Apa saja yang dicuri orang darinya (tanamannya) menjadi sedekah baginya. Apa yang dimakan binatang liar (dari tanamannya) menjadi sedekah baginya. Apa yang dimakan burung darinya menjadi sedekah baginya. Dan tidaklah seseorang mengambil darinya melainkan itu juga akan menjadi sedekah baginya.”(HR. Muslim no. 1552)

Jika kita memperhatikan tentu anda mungkin akan sepakat jika saya katakan “Ada banyak sekali jenis pekerjaan di sekitar kita”. Tapi sadar belum, nyatanya dari sekian jenis pekerjaan tersebut kita bisa mengelompokan semua jenis pekerjaan tersebut dalam 3 kelompok besar. Apa saja itu?

Pertanian, Dagang, dan jasa. Jika kita amati maka hampir semuanya tidak akan lepas dari 3 konsep pekerjaan dan usaha tersebut. Terlebih jika kita mengamati dengan seksama, dari 3 jenis pekerjaan tersebut ada 1 pekerjaan yang sangat menakjubkan. Sebuah pekerjaan yang akan menjamin keuntungan bagi kita, sebuah pekerjaan yang bersih dari cela jika kita benar-benar mau menjaganya.

Namun sebelumnya akan lebih baik kita memahami terlebih dahulu tentang 3 konsep pekerjaan tersebut.

Pertanian/Perkebunan.

Pekerjaan yang Paling Menakjubkan

Konsep pekerjaan ini adalah sebuah jenis usaha dan pekerjaan yang kita akan mendapatkan hasil berdasarkan jerih payah kita sendiri. Memang semua pekerja itu sangat bergantung dengan usaha jerih payah kita sendiri, namun sebagian pekerjaan lainnya ada yang mengandalkan dari usaha orang lain atau tepatnya bergantung dari pekerjaan dan orang lain.

Dagang.

Pekerjaan yang Paling Menakjubkan

Dagang adalah satu jenis usaha yang sangat membutuhkan orang lain dalam eksistensi nya. Kita membutuhkan supplier dan buyer. Kita membeli satu barang dari orang lain, dan menjualnya kepada orang lain dengan harapan ada keuntungan selisih harga di sana. Bisa anda bayangkan jika misalkan kita tidak memiliki pembeli yang mau membeli barang dagangan kita. Sebagai pedagang kita hanyalah orang ke 3 yang menjadi perantara antara supplier dan buyer.

Jaman dulu nenek moyang kita sudah terkenal sebagai pelaut ulung dalam misi berdagang lintas pulau, benua dan laut. Pasar selalu menjadi icon perekonomian rakyat. Pasar dan pusat perbelanjaan yang ramai menunjukan kuatnya perekonomian dalam sebuah negri.

Penyedia Jasa.

Pekerjaan yang Paling Menakjubkan
Hanya Ilustrasi: Abang beca adalah pekerja yang bergerak di bidang jasa.

Sementara jasa sudah sejak awal menunjukan kebutuhan nya dengan orang lain. Sebagai penyedia jasa kita tidak akan bisa apa tanpa mereka yang membutuhkan jasa kita.

3 jenis pekerjaan tersebut tentu memiliki kelebihan masing-masing. Jika anda ingin mengumpulkan lebih banyak keuntungan dan cepat menjadi orang kaya, mungkin memilih jenis perdagangan adalah pilihan. Dagang menjadi usaha yang paling mudah mendapatkan keuntungan lebih. Sejak jaman dahulu kala perdagangan mampu menlahirkan para saudagar-saudagar kaya raya.

3 jenis usaha yang sudah kami sebutkan menjadi 3 pekerjaan yang melagenda karena sudah ada sejak nenek moyang kita. Salah satu yang sangat menakjubkan adalah bagaimana ketiganya tetap mampu bertahan walau jaman dan budaya manusia berubah-ubah.

Pertanian menjadi salah satu pekerjaan yang paling menakjubkan sejak lama. Sebuah pekerjaan yang mampu memberikan penghidupan, bahkan tanpa membutuhkan pihak lainnya. Anda yang menanam maka anda juga yang akan menuai hasilnya.

Sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bahkan ada yang berbunyi “Tidaklah seorang muslim bercocok tanam dengan tanaman apapun kecuali setiap tanamannya yang dimakannya bernilai sedekah baginya. Apa saja yang dicuri orang darinya (tanamannya) menjadi sedekah baginya. Apa yang dimakan binatang liar (dari tanamannya) menjadi sedekah baginya. Apa yang dimakan burung darinya menjadi sedekah baginya. Dan tidaklah seseorang mengambil darinya melainkan itu juga akan menjadi sedekah baginya.”(HR. Muslim no. 1552)

Tanaman yang kita tanam akan memberikan kita manfaat, bukan hanya kita bahkan orang lain, alam, binatang, dan bumi tempat kita tinggal. Tanaman berasal dari alam tentu akan kembali kepada alam. Tanah yang dikelola dengan baik akan semakin subur, udara di sekitar akan menjadi segar, para binatang dan burung akan memiliki tempat makan, sisa tanaman akan menjadi pupuk alam yang baik, dan banyak manfaat lain nya.

Inilah jenis pekerjaan yang paling menakjubkan sebenarnya. Sebuah pekerjaan yang bukan hanya kita yang merasakan manfaatnya, namun juga orang lain. Sebuah pekerjaan yang menciptakan kehidupan bukan hanya memanfaatkan kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *