I’m a Professional Writer or Author

I’m a Professional Writer or Author

Menjadi penulis profesional. Kenapa tidak?. Banyak alasan orang melakukan nya. Sebagian orang malah kurang memahaminya. Menjadi penulis profesional, itu adalah pilihan. Bukan hanya tentang pekerjaan, namun juga sebuah kesenangan bagi mereka yang hoby.

Ok!. Seorang penulis tidaklah menyedihkan. Tentunya juga bukan sesuatu yang mudah dan gampang dilakukan. Banyak orang yang memiliki cita-cita menjadi penulis profesional. Namun terhalang. Bukan tidak ingin mewujudkan nya, namun kondisi yang memang sangat tidak mendukung. Alasan nya karena tidak ada tempat untuk menulis. Itu menjadi alasan klasik yang sering saya temukan. Sudah mengirim berbagai macam karya ke banyak majalah dan koran. Alhasil tidak ada satu pun yang diterbitkan oleh mereka. Sebagai pemula sebenarnya wajar.

Tapi itu dulu. Sekelas jurnalis senior seperti Prof. Dr. Dahlan Iskan CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos Group pun sekarang beliau tetap menulis. Di halaman weblog tentunya. Pada halaman weblog disway.id pak Dahlan tetap konsisten menulis. Jadi! siapa bilang tidak ada tempat menjadi penulis bagi kita yang pemula.

Halaman blog atau weblog semua orang bisa menjadi penulis. Tidak ada alasan tidak diterbitkan. Kita bisa menjadi apa saja. Itu karena kita lah yang berkuasa pada halaman blog kita.

Tentu saja kita juga harus profesional ! menjadi profesional membutuhkan kerja keras. Belajar dan belajar sebuah keharusan. Pada halaman blog memang tidak ada aturan baku dalam penulis. Namun karena sifatnya yang berbeda dengan koran dan majalah, kadang perlakuan nya juga berbeda. Jika menulis banyak yang mampu, mengelola halaman blog sendiri bukan mudah. Ada kemampuan lain yang harus di pelajari. Tentang SEO, kata kunci, dan banyak lainnya.

Apa itu penulis blog profesional?

Penulis blog profesional adalah mereka yang menjadikan halaman blog dan menjadi penulis pada halaman blog sebagai profesi mereka. Mereka biasa di sebut dengan blogger. Profesi ini memang belum di akui secara legal. Berbeda dengan jurnalis yang di anggap resmi sebagai profesi. Namun tidak mustahil jika suatu saat blogger bisa masuk sebagai profesi resmi dalam kartu identitas.

Apakah menjadi penulis blog sulit?

Mungkin tidak ! tapi tergantung anda. Tidak ada sulit jika sebuah pekerjaan kita lakukan dengan sungguh-sungguh. Tapi jika kita lakukan dengan setengah hati, mungkin itu akan menjadi sangat sulit.

Apakah menjadi penulis blog membutuhkan syarat khusus?

Syarat utama yang harus dimiliki tentu kemampuan menulis sesuai topik. Memahami bagaimana sebuah halaman blog dikelola akan menjadi nilai lebih. Jika kita ingin menjadi pengelola secara mandiri, maka menguasai tentang platform blog yang kita kelola menjadi wajib.

I’m a Professional Writer or Author

Tips Menjadi Penulis Blog.

Menjadi Penulis Profesional

  1. Memiliki Ide Baru

    Jika kalian melakukan pencarian sejumlah konten, khususnya konten artikel. Kalian akan menemukan banyak sekali konten yang memiliki ide yang sama. Topik yang di bahas boleh sama. Rasanya jika ide nya sama orang akan berpikir untuk apa membaca banyak halaman. Cobalah hal baru dengan melihat sudut berbeda harus dikembangkan.

  2. Mengumpulkan Banyak Informasi

    Sebuah konten yang baik tentu saja adalah sebuah konten yang kaya akan informasi. Terlebih itu adalah informasi akurat sebagai pertanggungjawaban secara moral sebagai penulis.

  3. Mengolah Informasi Menjadi Menarik

    Berdasarkan sebuah ide, maka kita mengolah nya menjadi sesuatu yang menarik. Bukan hanya tentang rangkaian kalimat. Penambahan gambar yang sesuai bisa dilakukan. Hasil akhir dari sebuah tulisan adalah informasi menarik untuk di baca oleh orang lain. Buatlah sebuah alasan kenapa orang harus membaca tulisan kita.

  4. Menyajikan Sesuai Target Pembaca

    Sebuah karya memiliki target pembaca yang berbeda. Kadang kita harus pandai mengolah kata yang sesuai. Tidak harus menggunakan bahasa formal jika tujuan targetnya memang tidak terlalu formal. Usia remaja dan usia matang mungkin cenderung menyukai bahasa pembahasan yang berbeda. Terlebih anak-anak.

Kami sudah lama mengelola banyak halaman blog. Awalnya ku pikir itu baik dalam karir. Ternyata aku banyak melakukan kesalahan. Satu kesalahan utama dari kebanyakan blogger adalah “Merasa menguasai banyak topik pembahasan”. Semua topik di babat habis, walau terkadang hanya mengutip karya orang lain. Tidak salah mengutip karya orang lain, namun mengutip ide karya orang lain hanya akan menghasilkan konten yang tidak memberikan nilai lebih. Aku termasuk orang yang pernah melakukan banyak kesalahan tersebut. Belajar dari kesalahan, itu sudah semestinya dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *