Nokia Makin Lebih Baik, Apakah Akan Berjaya Lagi?

Nokia Makin Lebih Baik

Siapa yang tidak tahu dengan handphone Nokia. Pada jaman nya handphone ini mampu hadir sebagai pemimpin handphone kenamaan menyisihkan beberapa pesaingnya seperti: siemens, motorola, sony ericsson, bahkan samsung yang pada waktu itu bukan apa-apa.

Membicarakan handphone Nokia ini kita terasa kembali pada awal tahun 2000an. Nokia dengan symbian nya benar-benar memiliki tempat yang spesial di hati para penggunanya. Era OS Symbian memang menjadi masa kejayaan handphone Nokia. Sayangnya setelah Nokia merubah Os nya menjadi java, entah karena apa justru keberadaan nya semakin merosot dengan perlahan.

Nokia Symbian dengan Semua Inovasinya.

Terbayang dengan HP jadul yang pernah dikeluarkan oleh Nokia. Entah sudah berapa seri yang mereka luncurkan. Dari Nokia 7610 yang dulunya favorit saya, hingga Nokia N8 yang sampai sekarang bahkan belum pernah kesampaian. Atau jangan-jangan kalian memfavoritkan Nokia N-gage dengan tampilan nya untuk para gamers.

Semua seri yang diluncurkan oleh Nokia memiliki keunikan dari segi tampilan. Ada yang putar kanan, putar kiri, slide, lipat, hingga desain yang cukup aneh. Namun juga ada yang memiliki tampilan sangat elegan, seperti seri Nokia N8, N95, dll. Rasanya untuk urusan tampilan, belum ada yang mampu sebaik Nokia dalam memberikan inovasi.

Titik Terendah Nokia.

Mungkin benar jika tidak ada yang akan abadi di puncak kejayaan. Mereka yang pernah jaya pada akhirnya harus merelakan posisi mereka di geser oleh yang lain. Kehadiran OS Android benar-benar awak bencana Nokia yang pasa saat itu sudah menggunakan Java sebagai Os nya.

Kita tidak bisa menyalahkan pihak Nokia yang waktu pernah mengabaikan kehadiran Android. Langkah berani pihak Nokia mengabaikan Android dan lebih memilih Windows mungkin memiliki pertimbangan sendiri. Bahkan untuk serius dengan Windows. Nokia rela meninggalkan Symbian, yang padahal kita semua tahu peran Symbian dalam membesarkan Nokia selama ini.

Itu sebuah pilihan. Namun harus diakui juga bahwa sejak itu Nokia berada pada titik terendah dalam pangsa pasar smartphone. Membayangkan jika Nokia bisa terintegrasi dengan PC ternyata tidak semulus kenyataan. Sementara Android yang mampu melambungkan Samsung benar-benar menjadi Os yang lebih di sukai oleh pengguna smartphone.

Apakah Nokia Bisa Lebih Baik Lagi Ke Depannya?

Bisa iya bisa juga tidak. Semua akan kembali kepada langkah yang akan di ambil oleh pihak Nokia. Namun jika melihat perkembangan kekinian, dimana Nokia mulai hadir dengan Os Android dengan tampilan elegan nya seperti Nokia 6.1. Kebangkitan Nokia bukanlah hal yang mustahil.

Orang memiliki banyak alasan untuk kembali kepada Nokia. Sudah sejak lama orang percaya kualitas dari Nokia. Nokia memiliki history panjang yang mengingatkan akan masa lalu. Nokia sudah berpengalaman dalam melakukan inovasi. Jika Nokia lebih berani mengembalikan kejayaan nya. Kenapa tidak. Desain handphone Nokia jadul bisa menjadi pilihan, semisal menghadirkan Nokia N8 dengan sistem Android. Tapi itu cuman asumsi pribadi saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *