Jenis Tanaman Bonsai Terbaik dan Terindah

Jenis Tanaman Bonsai Terbaik dan Terindah

Tanaman bonsai memang sebuah seni menanam tanaman/pohon yang boleh kita katakan unik. Mengoleksi tanaman bonsai juga menjadi salah satu hoby atau kesenangan mereka yang berkelas. Sejak awal tanaman bonsai menjadi koleksi para pejabat dan bangsawan di negeri jepang. Belakangan juga bonsai mulai dibudidayakan dan dijadikan bisnis oleh sejumlah orang, itu mengingat potensinya yang lumayan besar.

Bonsai adalah satu tanaman yang dikerdilkan pada wadah yang dangkal sehingga tercipta sebuah miniatur tanaman yang alami layaknya tanaman asli pada hutan. Bonsai sendiri berasal dari kata Bon dan Sai. Penanaman (sai, 栽) yang dilakukan pada pot dangkal atau yang dinamakan bon (盆).

Anda bisa melakukan budidaya bonsai jika anda adalah penyuka atau hanya sekedar menjalankan bisnis penjualan tanaman hias. Berbeda dengan tanaman hias lainnya, tanaman bonsai membutuhkan perawatan extra dan penangatan yang membutuhkan kemampuan membuat seni sehingga menawarkan sebuah keindahan untuk hasil akhirnya.

Berikut adalah sejumlah tanaman yang cukup populer dijadikan bahan bonsai, tanaman ini tergolong memiliki kualitas dibandingkan tanaman lainnya. Diantaranya:

Bonsai Pinus.

Bonsai Pinus

Pohon Pinus adalah salah satu tanaman yang sangat populer untuk digunakan sebagai bahan bonsai. Khususnya bonsai dengan kelas dunia banyak kita temukan dengan menggunakan pohon tersebut. Kelebihan yang paling menonjol dibandingkan dengan tanaman lainnya adalah karakter batang pohon nya. Pohon pinus juga tergolong pohon abadi karena memiliki masa umur yang panjang, bahkan ditemukan pohon pinus yang hidup ribuan tahun di alam.

Bonsai Pinus Japanese Black Pine Bonsai
Japanese Black Pine Bonsai

Pohon pinus yang kita kenal memiliki banyak jenis dan varian. Bahkan untuk wilayah negara kita sendiri memiliki jenis pinus tersendiri yakni pinus merkusii yang banyak tumbuh di pulau Sumatera. Kebanyakan pinus yang digunakan adalah jenis pinus thunbergii atau yang mungkin dikenal dengan Japanese black pine .

Jika anda tertarik menggunakan pohon pinus sebagai bahan bonsai anda, ada baiknya anda pelajari dan pahami karakter tanaman tersebut. Anda juga menggunakan jenis pinus lokal yang memang sudah teruji ketahanan dengan kondisi alam kita. Tidak semua jenis tanaman bisa sesuai dengan kondisi alam kita, karakter sebuah tanaman juga sangat menentukan.

Bonsai Cemara.

Bonsai Cemara

Cemara adalah tanaman yang mungkin masih kerabatan dengan pinus karena sama-sama jenis tanaman kelompok Gymnospermae . Banyak kalangan awam mengira pinus dan cemara itu pohon yang sama, namun sebenarnya pinus dan cemara itu berbeda. Untuk membedakan nya yang paling mudah dengan melihat batangnya. Pinus memiliki karakter pada batangnya seperti kulit pecah, sementara cemara tidak.

Cemara juga sama halnya dengan pinus, memiliki banyak varian. Di negara kita misalkan ada cemara poapoa, cemara udang, cemara kipas, dll. Pohon cemara juga banyak digunakan untuk bahan bonsai karena memiliki kelebihan, seperti: panjang umur sama seperti pinus, daun nya yang sesuai karena tergolong kecil.

Bonsai Juniper.

Bonsai Juniperus

Masih hampir sama dengan pinus dan cemara. Jenis tanaman Juniper juga menjadi tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan bonsai. Walau terlihat sama saja dengan jenis pinus dan cemara, nayata tanaman Juniper berbeda dengan kedua tanaman tersebut. Tanaman Juniper juga tergolong tanaman abadi, bahkan ada ditemukan jenis tanaman ini yang hidup 1000 tahun di jepang.

Bonsai Juniper

Juniperus communis adalah jenis Juniper Umum yang banyak digunakan sebagai bahan bonsai, namun belakangan Juniperus Horizontal juga mulai banyak digunakan karena pertumbuhan nya yang cenderung ke samping bukan ke atas.

Bonsai Ficus.

Bonsai Ficus

Jenis tanaman lainnya yang juga banyak digunakan sebagai bahan bonsai adalah tanaman dari keluarga ficus. Jenis tanaman ini juga sangat banyak varian yang kita temukan. Dari beringin dollar, kimeng, iprik, hingga pohon loa yang juga dari kerabat ficus.

Salah satu kelebihan jenis tanaman ini adalah kemampuan bertahan hidupnya yang sangat kuat. Perawatan dan pembudidayaan nya juga lumayan mudah. Bahkan batang atau rantingnya bisa dilakukan menanaman dengan sistem tanam batang langsung tanpa cangkok. Anda juga bisa melakukan pencangkokan tanaman ini dengan sistem cangkok angin atau layaknya cangkok biasa namun tanpa media tanam apapun sehingga dibiarkan terbuka begitu saja hingga akar muncul keluar.

Karena daya tahan hidupnya yang bandel, maka untuk pebonsai pemula sangat disarankan menggunakan bahan bonsai jenis tanaman ini. Kita lebih merasa nyaman tanpa khawatir tanaman mati walau sudah di bengkok-bengkok secara ekstrem dengan menggunakan kawat.

Jenis tanaman ficus memang tidaklah memiliki karakter batang yang kuat karakternya seperti pinus, namun memiliki kualitas karakter akar yang masih bisa diandalkan. Akar gantung yang melilit batang dan cabang bisa jadi pilihan anda.

Bonsai Lokal.

Jika anda merasa tidak cukup puas dengan jenis tanaman yang memang begitu populer dikalangan pebonsai dunia, bagaimana jika mencoba jenis tanaman lokal yang tidak kalah menariknya. Ada banyak jenis tanaman lokal yang bisa dijadikan bahan bonsai, misalnya: Santigi, Asem Jawa, Kemuning, Cucur Atap, Serut, dan banyak lagi.

Jenis tanaman lokal juga sebenarnya tidaklah kalah menariknya, hanya saja sebagian besar tidak populer dan belum banyak yang menjadikan nya sebagai bahan bonsai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *