Budidaya Bonsai Sebagai Bisnis Ramah Lingkungan

Budidaya Bonsai Sebagai Bisnis Ramah Lingkungan

Apa anda tahun tentang Bonsai? Bonsai adalah satu tanaman yang dikerdilkan pada wadah yang dangkal sehingga tercipta sebuah miniatur tanaman yang alami layaknya tanaman asli pada hutan. Bonsai sendiri berasal dari kata Bon dan Sai. Penanaman (sai, 栽) yang dilakukan pada pot dangkal atau yang dinamakan bon (盆).

Dalam sejarahnya Bonsai berasal dari seni miniaturisasi tanaman yang di sebut penjing (盆景) dari Dinasti Tang. Dari kalangan bangsawan Jepang sendiri Bonsai dikenal pada jaman Heian. Aksara kanji penjing oleh orang Jepang dilafalkan dengan bonkei. Bonkei sendiri adalah seni miniaturisasi pemandangan alam yang banyak ditemukan dan di nikmati oleh kalangan bangsawan jepang. Penyebutan Bonsai baru terjadi pada jaman Edo. Setidaknya begitulah ringkasan panjang tentang Bonsai.

Tapi pada artikel kita kali ini bukan tentang sejarah Bonsai yang akan menjadi pembahasan utama kita. Ada hal lain yang ingin kami kampanyekan terkait dengan seni tersebut.

Budidaya Tanaman Bonsai untuk Menjaga Alam dan Lingkungan.

Budidaya Tanaman Bonsai untuk Menjaga Alam dan Lingkungan

Kita sangat menyadari bagaimana kondisi bumi dan alam kita. Indonesia dan beberapa wilayahnya di kenal sebagai wilayah penghasil oksigen. Namun sayangnya sejumlah wilayah hutan kita mulai terusik oleh keserakahan manusia. Kalimantan yang di sebut-sebut paru dunia juga mulai terancam karena eksploitasi alam yang dilakukan secara besar-besaran. Aktivitas tambang yang banyak merusak alam misalkan adalah contoh nyata perusakan hutan. Padahal hutan adalah kebutuhan mendasar dalam menghasilkan oksigen dan menjaga ekosistem alam.

Masa depan bumi sangat tergantung dengan kita, dengan anda. Bagaimana manusia menjaga dan merawat alam, khususnya tanaman dan hutan agar ekosistem alam tetap seimbang. Melalui seni tanaman Bonsai sebenarnya sangat bisa untuk kita jadikan gerbang dalam ikut aktif menjaga alam. Menanamkan rasa cinta terhadap pohon, sebuah kesenangan yang ramah akan lingkungan, hingga bahkan bisa dijadikan sebuah bisnis sekaligus merawat alam.

Bisnis Tanaman Bonsai dengan Harga Lumayan.

Bisnis Tanaman Bonsai

Tanaman Bonsai sangat mungkin untuk dijadikan usaha dan bisnis. Mengingat harganya yang lumayan mahal untuk tanaman bonsai yang sudah jadi. Sementara modal untuk menggeluti usaha bisnis ini juga tidak terlalu besar, hanya saja butuh keahlian dan kesabaran. Membutuhkan waktu yang lumayan lama agar tanaman bonsai kita menjadi indah dan bernilai dengan harga yang tinggi. Tidak ada patokan harga pasti, karena seni itu ada banyak faktor untuk mengukur harganya.

Harga satu tanaman Bonsai bahkan bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juga jelas bukan angka yang biasa. Memang sekali lagi untuk mendapatkan angka tersebut bukan lah hal yang instan dan cepat. Yang pasti dengan angka tersebut bisa anda pertimbangkan untuk dikerjakan.

Ada banyak cara menjalankan usaha bisnis Bonsai yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan membudidayakan bibitan dan bakalan Bonsai itu sendiri.

Pembudidayaan bakalan Bonsai adalah salah satu usaha yang bisa dijalankan. Seni tanaman Bonsai bukanlah sebuah seni yang bisa dinikmati dengan cara instan. Umumnya sebuah tanaman Bonsai akan dibentuk sedini mungkin agar mendapatkan hasil yang baik dan indah. Di mulai dari pembentukan karakter batang tanaman, dan pembentukan cabang-cabang yang sesuai dengan karakter batang tanaman.

Karena membutuhkan waktu yang lumayan lama, sebagian pecinta tanaman tersebut banyak yang membeli bakalan Bonsai, maksudnya sebuah tanaman Bonsai yang setengah jadi. Sebuah tanaman yang memiliki karakter bahkan sudah memiliki harga tersendiri bagi pecinta tanaman Bonsai. Itulah sebuah peluang usaha bisnis nya.

Berdasarkan hasil penelusuran kami, bakalan Bonsai yang di dapat dari alam hasil dongkel dihargai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentu saja tidak semua tanaman yang di dapat di alam memiliki harga tinggi, karena kualitas karakter bakalan Bonsai juga sangat menentukan. Artinya mendapatkan bakalan Bonsai di alam juga tidak mudah karena itulah harganya sudah cukup tinggi, sehingga membudidayakan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan bakalan Bonsai yang berkarakter baik.

Teknik Budidaya Bonsai.

Teknik Budidaya Bonsai

Ada banyak cara dan teknik pembudidayaan tanaman Bonsai. Semua memiliki sisi baik dan juga kekurangan nya masing.

Tanam Biji dan Bibit.

Tanam biji dan bibit bisa jadi pilihan, namun membutuhkan cukup waktu lama untuk membesarkan. Biasanya ini bisa dilakukan dengan menanam pada lahan bebas atau tanah bebas agar tanaman cepat besar. Tanaman akan dibentuk sedini mungkin sejak kecil untuk mendapatkan bakalan yang berkualitas.

Cangkok Cabang Tanaman.

Cara lainnya bisa dengan melakukan cangkok tanaman yang sudah memiliki karakter baik. Sehingga kita bisa melewatkan tahan pembentukan karakter, dan fokus pada pembentukan akar dan kaki-kaki serta pencabangan. Kita bisa mencakok cabang yang sudah dibentuk secara alami atau cabang yang hanya membutuhkan perubahan dan perawatan lanjutan saja.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membudidayakan tanaman Bonsai?.

Mungkin inilah ulasan dan opini kami, semoga ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Jangan lupa tinggalkan jejak komentar anda untuk artikel ini atau berselancar di halaman blog ini untuk artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *